7 Macam Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mentah Setengah Matang


Mengkonsumsi makanan mentah sudah menjadi salah satu pola makan yang populer semenjak ratusan tahun yang lalu, terlebih di negara Jepang. Bahkan orang Jepang sendiri mengakui bahwa Sushi, sejenis makanan laut mentah yang dicampurkan dengan nasi putih telah menjadi makanan terfavorit di negara mereka. Menurut mereka, selain rasanya enak, jenis makanan mentah seperti Sushi dan Sashimi bisa memberikan mereka manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tentu saja, makanan mentah tidak hanya terbatas pada kedua makanan yang disebutkan di atas saja, tetapi terdapat berbagai macam jenis makanan mentah lainnya yang bisa anda pilih jika anda tidak terlalu suka makanan ikan, terutama yang mentah. Buah-buahan dan makanan lainnya yang belum terpapar suhu lebih dari 46 derajat cecius juga termasuk ke dalam makanan mentah.

Tetapi perlu anda perhatikan juga bahwa makanan mentah tertentu dapat memberikan resiko untuk anda. Hal ini karena bakteri berbahaya dalam makanan dapat mati setelah terkena temperatur tinggi saat dimasak. Oleh karena itulah, menyiapkan makanan mentah tidak boleh dilakukan secara asal dan sembarangan serta pastikan menyimpannya dalam lingkungan yang sangat bersih. Selain itu, susu yang tidak menjalani proses pasteurisasi juga dapat menyebabkan anda terkena infeksi bakteri yang berbahaya.


Gizi Memakan Makanan Mentah setengah matang



Disamping dari resikonya, makanan mentah juga bisa memberikan anda sensasi rasa asli dan manfaat kesehatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan makanan yang telah dimasak. Berikut adalah Beragam Gizi Makanan Mentah :


Meningkatkan Asupan Vitamin dari Buah-Buahan 

Sebagian besar makanan mentah terdiri dari buah-buahan segar yang kaya akan vitamin. Buah-buahan juga sangat rendah akan kalori dan dapat memberikan anda energi lebih serta rasa kenyang. Saat buah-buahan tersebut anda konsumsi, maka seratnya dapat membantu anda memperlambat pencernaan yang sehat sehingga bisa mengatur nafsu makan dan rasa lapar. Tentu saja, hal ini dapat membantu upaya anda dalam menurunkan berat badan.


Memberikan Asupan Mineral dari Sayuran

Sayuran menyediakan berbagai macam mineral dan protein. Sayuran hijau seperti kale dan bayam misalnya, mereka sangat kaya akan protein yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan menumbuhkan otot. 

BACA JUGA:



Nutrisi yang Seimbang

Makanan mentah bisa memberikan anda berbagai macam karbohidrat, protein dan lemak yang cukup untuk kesehatan anda, sehingga mengarah ke pola makan yang seimbang. Jika makanan yang telah diproses dengan berbagai macam cara dapat menyebabkan ketidak-seimbangan atau bahkan kehilangan nutrisi, lain lagi dengan makanan mentah dapat memberikan anda efek sebaliknya. Anda akan merasa tubuh anda lebih fresh dan ringan, serta terhindar dari kekurangan energi dan perasaan lesu.


Meningkatkan Energi

Seperti yang sudah kita tahu bahwa karbohidrat memainkan peran penting dalam menjaga tubuh anda memiliki energi yang cukup sepanjang hari. Sementara itu, karbohidrat juga bisa anda temukan dalam buah-buahan dan sayuran yang mudah sekali diserap oleh tubuh sehingga bisa meningkatkan energi di tubuh anda. Beberapa kandungan makanan lainnya yang bisa diubah menjadi energi oleh tubuh adalah lemak, gula dan protein yang juga terdapat dalam makanan mentah. 


Bebas Gluten

Memiliki pola makan rendah gluten atau bahkan menghindarinya sama sekali merupakan cara yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Gluten yang biasa ditemukan dalam biji-bijian sangatlah tidak mudah dicerna oleh tubuh anda dan hampir tidak memiliki kandungan gizi sama sekali. 


Rendah Lemak

Tubuh anda masih bisa berfungsi dengan baik sekalipun hanya terdapat 10% lemak di dalamnya. Sehingga, jika anda mengkonsumsi terlalu banyak lemak malah akan membuat berat badan anda meningkat drastis, terlebih lemak visceral yang memberikan anda resiko berbagai macam penyakit.
Tetapi, makanan mentah seperti buah-buahan dan sayuran sangat rendah akan lemak serta dipenuhi dengan karbohidrat dan protein. Selain itu, lemak yang terdapat dalam makanan mentah seperti kacang-kacangan dan alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh dimana sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan membantu upaya anda dalam menurunkan berat badan. 


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan mentah sangat rendah kolesterol dan rendah sodium, berbeda dengan makanan daging terproses atau kudapan yang telah ditambahkan banyak garam. Makanan jenis rendah kolesterol dan sodium telah dikaitkan dengan mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung. Hal ini karena makanan tersebut dapat membuat jantung anda memompa lebih efisien dan meningkatkan aliran darah secara lebih baik.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mentah diatas menjadi salah satu daya tarik bagi para pecinta makanan mentah ataupun setengah matang. meskipun demikian tentu ada takaran dan sebaiknya saat mengkonsumsi pastikan sudah bersih dan higienis sehingga akan terhindar dari bahaya sakit perut dan sebagainya. semoga bermanfaat dan join FB Fanspage kami ya, sampai jumpa lagi.



Back To Top