7 Gejala Penyakit Berbahaya yang Mirip Seperti Alergi


Saat pergantian musim dari musim hujan ke musim panas di Indonesia dan udara mulai menghangat, biasanya udara di sekitar anda akan dipenuhi dengan serbuk sari yang dapat mengakibatkan hidung meler, mata berair, atau tekanan sinus yang menjadi pertanda bahwa anda tengah terkena alergi musiman. 

Tetapi, menurut Brett Comer, MD, seorang ahli bedah dan professor dari University of Kentucky mengatakan bahwa jika obat-obatan dan berdiam diri dalam rumah tidak membuat gejala alergi tersebut kunjung membaik, kemungkinan terdapat hal lain yang perlu anda waspadai, seperti penyakit yang berpura-pura menjadi alergi musiman. 

Untuk mengetahuinya, anda harus memperhatikan beberapa gejala yang mungkin sangat bandel untuk disembuhkan. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan gejala yang tengah anda alami terebut bukanlah sebuah alergi semata, tetapi bisa menjadi penyakit yang cukup berbahaya yang tengah mengintai anda.


Pilek



Cairan Bening Menetes Dari Satu Lubang Hidung

Jika anda mengeluarkan cairan bening dari hidung hanya dari satu lubang saja, dan cenderung keluar lebih banyak ketika anda menundukkan kepala, kemungkinan terdapat kebocoran cairan tulang belakang serebral.

Ahli bedah Comer menambahkan bahwa terdapat piring tipis yang memisahkan antara sinus dan bagian di otak dimana cairan serebral ini mengalir. Jika terdapat lubang di piring tersebut, maka cairan akan mengalir keluar. Sementara cairan tersebut diduga tidak berbahaya, tetapi lubang yang terdapat dalam piring tersebut dapat menyebabkan infeksi otak yang mengancam jiwa. 

Namun jangan khawatir jika terkadang disaat pagi hari suasana masih sejuk dan dingin anda mengeluarkan cairan bening dari hidung alias ingus, karena itu adalah refleksi dari tubuh saat menghadapi cuaca dingin ataupun merupakan pilek biasa.


Ingus Berwarna Hijau dan Sakit Pipi

Jika anda merasakan sakit di area pipi, terutama sakit tersebut hanya terjadi di satu sisi saja tepat di area sinus di bawah mata anda disertai dengan ingus yang berwarna hijau, kemungkinan anda terkena infeksi. Rasa sakit juga bisa menyebar ke area dahi dan area pinggiran mata anda.


Anda Menjalani Pengobatan Tertentu

Beberapa pengobatan tertentu dapat menyebabkan anda terkena gejala yang mirip seperti alergi. Menurut Janna Tuck, MD, seorang juru bicara dari American College of Allergy, Asthma and Immunology juga mengatakan bahwa beberapa jenis pengobatan seperti pengobatan jantung dapat menyebabkan anda terkena hidung mampet yang sangat serius.


Kehilangan Indera Pengecap Rasa atau Bau

Hidung mampet yang disebabkan oleh alergi biasanya tidak akan menyebabkan anda kehilangan kemampuan dalam mengecap makanan atau mencium bau sesuatu. Menurut Sana Hasan, MD, seorang asisten profesor imunologi, alergi, dan reumatologi dari Baylor College of Medicine mengatakan bahwa jika anda mengalami hal tersebut, kemungkinan anda terkena polip hidung. Selain menghilangkan kemampuan anda dalam mengecap makanan atau mencium bau sesuatu, polip tersebut juga dapat menyebabkan hidung mampet. 

Baca Juga:

Rasa Nyeri di Wajah

Kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa sakit di pipi dan ingus berwarna hijau adalah sinusitis jamur. Kondisi ini terjadi ketika terdapat jamur yang menumpuk di sinus anda. Untuk sesaat kondisi tersebut lebih terlihat seperti alergi, tetapi faktanya jauh lebih berbahaya. Jamur yang memasuki sinus anda dapat menyebabkan peradangan, kemudian peradangan tersebut akan menangkap lebih banyak jamur dan menyebabkan peradangan anda menjadi lebih parah. Kondisi tersebut akan terus berulang dan menciptakan sebuah lingkaran setan. Kondisi ini sering terjadi di tempat yang panas dan lembab sepanjang tahun.


Gatal Kronis

Banyak orang juga salah mengira bahwa gatal kronis sering diduga sebagai bentuk dan gejala dari alergi musiman. Tetapi menurut Princess Ogbogu, MD, dari Wexner Medical Center di Ohio State University mengatakan bahwa jika gatal kronis tersebut berlangsung lebih dari 6 minggu, maka kemungkinan gejala tersebut bukanlah disebabkan oleh alergi. Kemungkinan anda terkena gangguan tiroid atau terdapat masalah dengan sistem kekebalan tubuh anda.


Sakit Kepala

Alergi tentu dapat menyebabkan anda sakit kepala karena tekanan sinus. Tetapi jika sakit kepala tersebut datang secara tiba-tiba dan cukup parah sehingga bisa menyebabkan anda terbangun di malam hari dan membuat anda merasa mual, pastikan untuk segera menghubungi dokter. Menurut Isha Gupta, MD, seorang ahli saraf dengan IGEA Brain and Spine menjelaskan bahwa gejala tersebut bisa jadi diakibatkan oleh tumor, stroke, atau bahkan aneurisma.

Berbagai Gejala Penyakit Berbahaya yang Mirip Seperti Alergi diatas merupakan beberapa informasi yang admin rangkum sebagai bahan pengingat dan pembelajaran dasar. meskipun demikian semoga dengan adanya media info ini bisa menjadi salah satu wacana bagi anda yang sedang mencari referensi website kesehatan. semoga bermanfaat dan join Facebook kami untuk dapat artikel terbaru dari beranda anda.


Back To Top