4 Jenis Makanan yang Dapat Mengobati Kram dan Sakit Perut


Kram dan sakit perut merupakan dua jenis masalah kesehatan yang biasa menyerang wanita saat haid karena tekanan dan perubahan hormon dari waktu ke waktu, tetapi terkadang kaum pria pun akan mengalaminya jika masalah tersebut disebabkan oleh kuman dan bakteri. Sistem pencernaan anda biasanya mampu untuk mencerna berbagai macam makanan favorit anda, tapi ada kalanya “teman” anda tersebut tidak bisa melakukannya karena berbagai macam alasan tertentu.

Seperti contohnya ketika anda mengkonsumsi jenis makanan yang sulit untuk dicerna, maka akan memberikan anda rasa sakit selama berjam-jam dan bahkan bisa mengarah ke radang usus. Dengan begitu, sangat penting bagi anda untuk selalu memilih makanan sehat setiap waktu, terlebih ketika kram atau sakit perut mulai menyerang anda.


Kram dan Sakit Perut



Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk anda konsumsi setiap hari dan mampu membantu mengobati rasa sakit dan kram di perut. Selain itu, daftar makanan ini pun mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.


Nasi

Nasi merupakan salah satu makanan teratas yang dapat membantu masalah pencernaan anda, terutama ketika anda tengah menderita kram perut. Selain menjadi makanan favorit bagi penduduk Indonesia, beras atau nasi juga memiliki kandungan anti-radang, serta mengandung magnesium dan potasium dalam jumlah yang sangat besar, dimana keduanya berperan penting dalam mengobati kram dan mengurangi rasa sakit di perut.


Daun Mint

Daun mint sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai macam masalah komplikasi pencernaan, termasuk kram dan mual. Salah satu tanaman herbal ini mampu mengurangi spasme otot di saluran pencernaan anda dan dapat membantu dalam berbagai macam proses pencernaan di dalam perut. Anda bisa mengkonsumsi daun mint bersama dengan teh untuk hasil yang lebih baik.


mengobati kram dan sakit perut



Kentang dan Ubi Manis

Baik ubi manis maupun kentang keduanya merupakan sumber yang sangat baik dari pati resistan yang bisa membantu mengeluarkan berbagai macam benda-benda asing di tubuh serta menenangkan perut yang sedang sakit. Kentang juga memiliki kandungan magnesium yang tinggi dan kalium yang berguna dalam mengurangi kram, bersama dengan vitamin B6 untuk mengurangi ketegangan  di dalam tubuh. 

Baca Juga:

Tetapi, pastikan anda untuk memasaknya hingga matang terlebih dahulu sebelum dimakan, serta hindari mengkonsumsi bersama dengan kulitnya. Meskipun kulit kentang sangat kaya akan serat, namun dalam kasus mengobati kram dan sakit perut, anda harus tetap menghindarinya karena sangat sulit untuk dicerna.


Yogurt

Yogurt bisa menjadi pengatur tubuh yang sangat baik. Meskipun pada dasarnya susu dapat membuat sakit perut anda tambah parah, Tetapi yogurt bisa memberikan efek sebaliknya karena mengandung bakteri baik untuk usus anda. Bakteri-bakteri yang terdapat dalam yogurt mampu mengurangi kram, perut kembung dan membantu dalam pencernaan. Tetapi jika anda memilih untuk mengkonsumsi yogurt yang bukan berasal dari produk susu, anda bisa menikmati yogurt yang terbuat dari kacang kedelai, kelapa, atau susu almond. Pastikan juga anda untuk tidak menambahkan pemanis buatan ke dalamnya. 

Berbagai Makanan Obat Sakit Perut diatas merupakan salah satu informasi penting yang bisa membantu anda saat sedang bermasalah dengan perut anda. Meskipun hal ini bersifat mendasar namun perlu kiranya kita mengetahui dan mengantisipasi seandainya terjadi hal hal yang tidak kita harapkan. semoga bermanfaat dan jangan lupa join facebook kami. 


Back To Top