7 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Prostat


Kanker prostat merupakan jenis kanker non-kulit yang biasa menjangkiti kaum pria. Beberapa makanan tertentu yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi sudah sering kali disebutkan menjadi faktor penyebab anda beresiko terkena penyakit mengerikan tersebut. Tetapi untungnya, menurut American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa mereka yang menjalani diet vegan berhasil menurunkan resiko terkena kanker prostat sebanyak 35%.

Dengan begitu sudah dipastikan bahwa pola makan menjadi salah satu faktor penentu apakah anda bisa terkena penyakit tertentu atau tidak, termasuk kanker prostat. Selain itu, karena makan merupakan salah satu aktivitas tersering yang selalu kita lakukan setiap hari, maka asupan makanan bisa menjadi hal yang pertama bisa anda lakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit mengerikan lainnya.


Kanker Prostat


Setidaknya terdapat 7 macam makanan yang dapat membantu anda mencegah terkena kanker prostat. Pastikan anda untuk selalu mendapatkannya dari waktu ke waktu karena selain dapat menurunkan resiko anda terkena penyakit tersebut, makanan-makanan di bawah ini juga bisa memberikan manfaat lebih untuk kesehatan anda.

Brokoli

Para ahli sepakat bahwa mengkonsumsi sayuran jenis cruciferous seperti brokoli, kembang kol, atau kale bisa menjadi cara terbaik dalam menangkal kanker prostat. Tidak hanya rendah karbohidrat, sayuran cruciferous juga kaya akan antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah perubahan sel di dalam tubuh anda yang mengarah ke kanker tersebut.


Salmon

Ahli gizi Lisa Cimperman, sekaligus seorang juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa orang-orang yang menjalani diet mediterania cenderung memiliki resiko yang lebih rendah mengembangkan kanker prostat. Salah satu kunci menjalani diet mediterania adalah dengan mengkonsumsi ikan. Beberapa jenis ikan seperti salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3, yaitu sejenis lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti dapat menangkal kanker prostat.

Baca Juga:

Kacang Brazil

Mineral penting lainnya yang dapat menangkal kanker prostat adalah selenium. Tetapi sayangnya, kadar selenium dalam tubuh seseorang akan mengalami penurunan seiring dengan berjalannya usia sehingga beresiko mengembangkan kanker prostat. Tetapi, anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan kaya akan selenium seperti kacang Brazil. Kacang jenis ini merupakan sumber yang kaya akan selenium. Hanya 6 hingga 8 biji kacang saja sudah menyediakan 700% kebutuhan selenium harian anda.


Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu sejenis karotenoid yang dapat melawan kanker prostat. Faktanya, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan bahwa kaum pria yang mengkonsumsi 10 porsi tomat dalam seminggu dapat mengurangi resiko mereka terkena kanker prostat sebanyak 18%. Selain itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa likopen dapat diserap oleh tubuh anda secara lebih baik jika dipasangkan dengan lemak.


Tomat



Kacang Kenari

Mengkonsumsi kacang kenari telah terbukti dapat mengurangi perkembangan kanker prostat dan mengurangi kadar hormon IGF-1, dimana menurut sebuah penelitian dari Journal of Medicinal Food menemukan bahwa jenis hormon tersebut telah dikaitkan dengan kanker prostat. Kacang kenari sangat menyehatkan karena selain rendah karbohidrat, camilan ini juga sangat kaya akan asam lemak omega-3.


Kopi

Sebuah meta-analisis yang dipublikasikan di jurnal Cancer Causes and Control menemukan bahwa dengan meminum 4 hingga 5 cangkir kopi setiap harinya telah dikaitkan dengan mengurangi resiko anda terkena kanker prostat. Tidak hanya mengandung antioksidan, kopi juga dapat membantu tubuh anda memetabolisme gula secara lebih efisien, sehingga dikaitkan dengan menurunkannya resiko mengembangkan kanker prostat. Tetapi jika anda tidak terlalu suka meminum kopi, anda bisa memilih teh sebagai alternatifnya.


Wortel

Penelitian di European Journal of Nutrition menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi 3 porsi wortel dalam seminggu lebih mungkin menurunkan resiko terkena kanker sebanyak 18%. Wortel bersama labu sangat kaya akan beta-karoten, yaitu sejenis karotenoid yang dapat dikonversi menjadi vitamin A dan memiliki sifat antioksidan pelawan kanker. 

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Prostat diatas menjadi salah satu pilihan kita semua yang menghendaki untuk tetap hidup sehat alami. Pastikan hidup anda selalu sehat dengan mengkonsumsi beragam makanan alami dan bergizi tinggi. semoga bermanfaat dan join facebook kami alasehat untuk memperoleh beragam informasi tercepat.


Back To Top