6 Resiko Akibat Mandi Air Hangat atau Air Panas


Ternyata ada Resiko Mandi Air Hangat!!!! Mandi air hangat memang bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan berbagai macam kelelahan dan stres setelah menghadapi aktivitas berat selama seharian ini. Tetapi tergantung dari temperatur air dan durasi, mandi menggunakan air hangat juga bisa mendatangkan berbagai macam resiko penyakit.

Baik mandi menggunakan shower atau berendam di bak mandi, suhu air yang terlalu panas tetap sangat berbahaya untuk anda. Faktanya, mandi menggunakan suhu air di atas 39 derajat celsius dapat memberikan efek fisiologis terhadap tubuh anda sehingga menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yang sangat serius.


Mandi di Bathtub



Kulit Terluka dan Terbakar

Sebagian besar orang akan menyadari ketika air yang mereka gunakan saat mandi terlalu panas atau terlalu dingin. Reseptor suhu di kulit anda akan segera memberitahu anda jika suhu air yang anda gunakan tersebut terasa terlalu panas sehingga secara naluri anda akan segera menghindarinya. Tetapi berbeda dengan bayi yang belum bisa berbicara dan tidak dapat memberitahu anda secepatnya.

Bayi memiliki lapisan kulit yang lebih halus dan tipis sehingga memerlukan suhu yang lebih rendah daripada yang biasa digunakan oleh orang dewasa. Jika dibiarkan terlalu lama dan terus menerus, bayi yang disiram air terlalu panas tersebut akan mengalami kulit yang terluka atau terbakar.

Sama halnya dengan mereka yang tengah menderita kerusakan saraf, seperti diabetik neuropati dimana mempengaruhi sensasi temperatur di tubuh anda, terutama di area kaki. Sehingga, anda tidak akan merasakan kepanasan meskipun temperatur air anda terlalu panas dan beresiko terkena kulit yang terluka maupun terbakar.

Berbagai Masalah Akibat Mandi Air Hangat dan Panas


Menurunkan Tekanan Darah

Suhu panas dapat menyebabkan anda terkena vasodilatasi, yaitu sebuah kondisi dimana pembuluh darah di kulit anda menjadi membesar. Akibatnya, resistensi pembuluh darah perifer akan menurun dan tekanan darah pun akan ikut menurun. Hal ini bisa diperparah karena jantung anda akan dipompa lebih keras untuk mengimbangi tekanan darah yang telah turun tersebut. Dalam kasus yang lebih parah, maka akan menyebabkan anda pingsan.


Pusing

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perubahan tekanan darah yang disebabkan oleh air panas dapat mempengaruhi aliran darah ke otak. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan mengalami gejala tertentu seperti pusing dan beresiko anda terjatuh di kamar mandi.

Suhu Tubuh yang Tidak Seimbang

Jika terdapat penumpukan panas di sekitar anda, biasanya pembuluh darah di kulit akan membesar demi mengontrol suhu tubuh anda. Sebaliknya, pembuluh darah anda akan mengecil ketika anda berada di area dingin demi mempertahankan suhu panas di tubuh anda. Tetapi, tubuh anda tidak akan bisa menyeimbangkan suhu tersebut ketika anda mandi air hangat. Alhasil, tubuh anda akan mengalami kepanasan terutama jika suhu airnya terlalu panas. 

baca dulu:

Kondisi buruk tersebut tidak berhenti sampai di sana. Setelah anda selesai mandi, pembuluh darah anda akan tetap membesar untuk beberapa waktu ke depan dan akan menyebabkan tubuh anda kehilangan suhu panas dalam waktu yang sekejap dan beresiko terkena hipotermia.

Mual dan Muntah 

Beberapa orang mengalami mual setelah mandi air hangat, terutama saat berendam di bak mandi dikarenakan adanya perubahan aliran darah ke otak. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebabkan anda muntah-muntah. Rasa mual tersebut biasanya mudah diatasi dan akan hilang setelah anda beranjak keluar dari bak mandi.

Keracunan Saat Mandi

Biasanya terjadi bagi anda yang doyan bersantai di bak mandi sambil mengkonsumsi minuman beralkohol. Beberapa minuman keras, obat dokter maupun obat-obatan terlarang bisa menjadi campuran zat yang berbahaya saat anda mandi. Hal ini karena tekanan darah dan aktivitas jantung dapat diperparah akibat siraman air panas. Dalam beberapa kasus, anda akan kehilangan kesadaran dan beresiko tenggelam di bak mandi sehingga menyebabkan kematian.

Resiko Akibat Mandi Air Hangat atau Air Panas artikel diatas memang sebagai informasi yang bisa dijadikan salah satu pembelajaran bagi siapapun. Selain hal tersebut memang jarang terjadi namun sebagai pengetahuan tentang kesehatan tubuh merupakan hal yang penting dan wajib. semoga dengan adanya artikel diatas menjadi salah satu informasi menarik bagi anda. Jangan lupa join Facebook kami juga ya.


Back To Top