3 Macam Manfaat Luar Biasa Mengkonsumsi Hati


Manfaat Mengkonsumsi Hati berikut ini bisa menjadi alasan bagi anda mengapa suka dengan hati. Meskipun demikian tidak semua makanan bisa dimasukkan ke dalam daftar super food. Tetapi, berbeda dengan hati. Meskipun tidak terlalu terkenal seperti layaknya daging ayam atau daging sapi, hati juga ternyata sudah diakui sebagai makanan super karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Makanan ini sangat kaya akan protein, rendah kalori, serta dikemas dengan berbagai macam vitamin dan mineral penting untuk tubuh anda.

Hati merupakan organ vital yang terdapat dalam tubuh manusia dan binatang. Biasanya, salah satu organ internal ini memainkan peran penting dalam tubuh seperti:


Hati



Mengolah makanan yang telah dicerna dari usus.
Menyimpan glukosa, zat besi, vitamin dan nutrisi penting lainnya.
Menyaring dan membersihkan obat-obatan serta racun dalam darah.

Dulu, hati bersama organ lainnya merupakan makanan yang sangat populer. Namun, baru-baru ini kepopularitasannya kian menurun setelah banyak orang lebih memilih makanan daging yang lebih lezat.

Selain itu, banyak orang lebih memilih mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral mereka, yang padahal hati justru memiliki kandungan nutrisi jauh lebih banyak dari makanan-makanan super tersebut.

Sejumlah kecil hati dapat menyediakan lebih dari 100% berbagai macam kebutuhan nutrisi harian anda. Terlebih lagi, hati sangat tinggi akan protein dan rendah kalori, sehingga menjadikannya makanan yang terbaik dari yang terbaik.


Hati Merupakan Sumber yang Baik Dari Berbagai Macam Nutrisi


Seperti yang sudah disebutkan di atas, hati mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh anda. 100 gram dari hati sapi mengandung kandungan sebagai berikut:

Vitamin B12: 3.460% dari RDI. Vitamin B12 dapat membantu pembentukan sel darah merah dan DNA, serta terlibat dalam fungsi otak yang sehat.

Vitamin A: 860 hingga 1.100% dari RDI. Vitamin A merupakan vitamin penting untuk penglihatan, sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Vitamin ini juga membantu organ-organ dalam tubuh seperti jantung dan ginjal berfungsi dengan baik. 

Vitamin B2 (Riboflavin): 210% hingga 260% dari RDI. Riboflavin sangat penting dalam perkembangan dan fungsi seluler, serta membantu mengubah makanan menjadi energi.

Vitamin B9 (Folat): 65% dari RDI. Folat merupakan nutrisi yang memainkan peran penting dalam sel untuk pertumbuhan dan pembentukan DNA.

Zat Besi: 80% dari RDI, atau 35% untuk wanita yang sedang haid. Zat besi merupakan nutrisi penting lainnya yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh anda. Zat besi yang terdapat dalam hati merupakan jenis heme, yaitu jenis zat besi yang mudah diserap oleh tubuh anda.

Tembaga: 1.620% dari RDI. Tembaga berperan layaknya seperti kunci dalam mengaktifkan sejumlah enzim, yang kemudian membantu mengatur produksi energi, metabolisme zat besi dan fungsi otak. 

Kolin: Penting untuk perkembangan otak dan fungsi hati anda.


Menyediakan Protein Berkualitas Tinggi


Protein sangat penting untuk kehidupan dan bisa ditemukan di hampir bagian di seluruh tubuh anda, dimana diperlukan untuk membuat dan memperbaiki sel-sel dan mengubah makanan menjadi energi. Lebih dari seperempat hati sapi terdiri dari protein. Terlebih protein tersebut sangatlah berkualitas tinggi karena menyediakan semua asam amino esensial untuk anda.

baca juga:



Asam amino sendiri merupakan blok bangunan yang membentuk protein. Beberapa asam amino pada dasarnya dapat dibuat di dalam tubuh anda, tetapi jenis asam amino esensial tetap harus anda dapatkan dari makanan seperti hati. 

Asupan protein yang tinggi telah terbukti dapat membantu anda menurunkan berat badan karena kemampuannya dalam mengurangi rasa lapar dan nafsu makan, serta meningkatkan tingkat metabolisme atau jumlah kalori yang tubuh anda gunakan untuk berfungsi dengan baik. Terlebih lagi, protein juga dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih baik daripada lemak maupun karbohidrat.


Memiliki Kandungan Kalori yang Lebih Sedikit


Hati mengandung sedikit sekali kalori tetapi masih padat akan nutrisi. Setiap 100 gram hati sapi mengandung 175 kalori, lebih rendah dibandingkan dengan makanan daging yang biasa anda temukan di luaran sana. Dengan begitu, hati juga bisa menjadi pilihan makanan terbaik saat anda tengah melakukan diet menurunkan berat badan.

Beragam Manfaat Mengkonsumsi Hati diatas menjadi salah satu jawaban bagi anda semua yang memang gemar makan dalaman atau istilahnya jeroan. meskipun demikian sebaiknya cari jeroan hati yang memang masih segar dan terjaga kebersihannya. Selain itu juga jangan makan hati terlalu berlebihan karena seperti yang para dokter pesankan bahwa makanan berlebih akan menimbulkan permasalahan kesehatan kedepannya. Oleh karena itu meskipun lezat dan menggoda sebaiknya kita jaga pola makan sehat kita. 



Tag : hewan
Back To Top