7 Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik Favorit Anda


Musik untuk kesehatan tubuh Manusia? nah kita ulas aja yuk panjang lebar disini. Semua orang pasti tahu apa itu musik. Baik disadari maupun tanpa disadari, musik telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Sengaja atau tidak disengaja, anda pun pasti akan mendengarkan musik dari waktu ke waktu, baik itu melalui tokoh musisi favorit anda, dari film, atau lagu yang didendangkan oleh seseorang di dekat anda. 

Faktanya, beberapa musik yang diputar dalam adegan film tertentu (background music) telah mampu membawa mood atau suasana hati anda agar lebih merasakan film yang anda tonton tersebut. Itu artinya, musik juga memainkan peran penting terhadap kehidupan diri anda sendiri, baik secara fisik maupun mental.


Mendengarkan Musik


Beberapa penelitian telah menemukan bahwa musik mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan anda dimulai dari menurunkan kadar stres, meningkatkan kesadaran, mengubah suasana hati, mengembangkan kemampuan otak, dan membantu anda dalam melakukan latihan meditasi.

Nah, selain dari manfaat kesehatan mental yang sudah disebutkan di atas, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan mendengarkan musik lainnya yang bisa anda petik dari mendengarkan musik favorit anda.


Meningkatkan Kemampuan Verbal dan Visual


Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa memberikan pendidikan musik pada anak usia dini dapat merangsang otak anak dengan berbagai macam cara sehingga membantu meningkatkan kemampuan verbal, berkomunikasi dan visual. 

Bahkan seorang anak yang masih berusia satu tahun yang ikut serta dalam pelajaran musik bersama dengan orang tua mereka mampu mendapatkan kemampuan komunikasi yang lebih baik, lebih mudah tersenyum dan menunjukkan tanda respon otak yang lebih besar terhadap musik. 


Menjaga Kesehatan Otak Seiring Dengan Berjalannya Usia Anda


Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik


Mendengarkan atau bermain musik di usia tua dapat membantu menjaga otak anda tetap sehat. Hal ini dikarenakan musik sama seperti memberikan latihan terhadap otak anda, sehingga dapat memberikan manfaat memori dan ketajaman mental yang lebih baik seiring dengan berjalannya usia anda.


Membuat Anda Lebih Bahagia


Seperti yang sudah disebutkan di atas, musik memiliki kemampuan dalam mengubah suasana hati seseorang. Musik dapat membuat anda merasa senang, sedih, atau bahkan bersemangat. Beberapa penelitian bahkan menjelaskan bahwa dengan mendengarkan musik, maka otak anda akan melepaskan dopamin yang telah dikenal sebagai sejenis kimia pembawa perasaan senang.


Menjaga Jantung dan Tekanan Darah


Selain memberikan manfaat kesehatan terhadap mental anda, musik juga ternyata dapat memperkuat jantung dan meningkatkan waktu pemulihan seorang pasien yang tengah menderita penyakit jantung. 
Dengan mendengarkan musik favorit anda dari waktu ke waktu, maka otak anda akan melepaskan endorfin sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan vaskular. Bahkan sebuah observasi yang dilakukan oleh rumah sakit umum di Massachusetts menemukan bahwa para pasien yang mendengarkan musik selama 30 menit berhasil menurunkan tekanan darah, mengurangi detak jantung yang tinggi, dan berkurangnya rasa sedih akibat penyakit yang mereka derita dibandingkan dengan pasien yang tidak mendengarkan musik sama sekali.


Mendengarkan Musik



Meningkatkan Kualitas Tidur


Salah satu hal yang dapat mengganggu tidur anda adalah stres dan kecemasan. Tetapi karena musik memiliki kemampuan dalam memperbaiki atau bahkan mengobati kedua gangguan mental tersebut, maka secara tidak langsung musik pun dapat meningkatkan kualitas tidur anda menjadi lebih baik. Dalam beberapa kasus, musik juga bisa dijadikan sebagai obat untuk melawan insomnia.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mengurangi Rasa Sakit


Penelitian juga telah menunjukkan bahwa musik dapat mengurangi kadar hormon stres yang disebut dengan kortisol, dimana jenis hormon tersebut bertanggung jawab dalam melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan resiko anda terkena penyakit jantung, mengganggu daya belajar dan memori, mengurangi kepadatan tulang, meningkatkan tekanan darah, dan kondisi berbahaya lainnya.
Penelitian tersebut juga menemukan bahwa dengan mendengarkan musik selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh manusia. Meskipun tidak disebutkan jenis musik apa yang harus didengarkan, para ahli menyarankan untuk memilih musik yang telah menjadi favorit anda.


Mengurangi Depresi dan Kecemasan


Para ahli dari Drexel University menemukan bahwa pasien kanker yang selalu mendengarkan musik berhasil mengurangi kecemasan dan tekanan darah yang tinggi. Selain itu, mereka pun memiliki suasana hati yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan begitu sudah dipastikan bahwa musik mampu memberikan manfaat untuk fisik dan suasana hati, hingga mengurangi rasa sakit dan memperbaiki kualitas hidup anda secara keseluruhan.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat kesehatan dari mendengarkan musik, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh kita terutama dengan melakukan hal hal yang alami dan menyenangkan. semoga bermanfaat dan jangan lupa join facebook fanspage kami untuk mendapatkan ulasan langsung di halaman beranda FB anda.



Back To Top