4 Penyakit Berbahaya yang Ditandai Oleh Kulit Kering


Kulit kering biasanya tidak terlalu berbahaya dan bisa anda atasi dengan mudah setelah mengenakan pelembab tertentu. Tetapi bagaimana jika kondisi tersebut tidak berubah seberapa banyak pun anda mengoleskan pelembab ke atas kulit anda? Jika hal tersebut terjadi, biasanya terdapat beberapa tanda penyakit ringan hingga berbahaya yang coba kulit anda beritahukan kepada anda. Berdasarkan hal tersebut, Melalui artikel ini, kami hanya akan membahas beberapa penyakit serius yang ditandai oleh kekeringan kulit. Setidaknya, terdapat 4 macam penyakit yang harus anda waspadai dari kulit kering setiap saat.


Diabetes


Menurut Helena Rosenzweig, MD, seorang ahli dermatologi yang berasal dari UCLA Medical School di California mengatakan bahwa kekeringan kulit sangat umum terjadi terhadap orang-orang yang menderita diabetes. Ketika kadar gula darah anda meningkat secara kronis, maka tubuh anda akan kehilangan cairan lebih cepat dari biasanya sehingga akan menyebabkan kulit anda mengalami dehidrasi. 


Kulit Kering



Diabetes juga dapat mengganggu tubuh anda mengeluarkan keringat secara normal sehingga berakibat pada berkurangnya jumlah kelembaban di kulit anda. Kekeringan kulit yang terlalu parah dapat pula mengundang penyakit lainnya. Kulit kering dan retak lebih rentan terkena bakteri yang mengkonsumsi glukosa, sehingga dapat membuat anda terkena infeksi yang berbahaya.

Tentu saja, gejala penyakit diabetes tidak berhenti sampai disana. Selain mengalami kekeringan kulit, anda juga akan mengalami rasa haus yang berlebih, buang air kecil lebih sering, dan merasa lebih lapar dari biasanya. Kelelahan dan pandangan yang kabur juga bisa menjadi gejala umum lainnya. Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut, dokter anda kemungkinan akan melakukan tes darah untuk hasil yang lebih akurat.



Tiroid yang Kurang Aktif


Kelenjar tiroid anda berfungsi dalam memproduksi hormon yang dapat membuat sel-sel di tubuh anda tetap sehat. Tetapi jika anda terkena hipotiroidisme, sebuah kondisi dimana hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid tersebut menjadi berkurang atau sedikit, maka fungsi-fungsi di tubuh anda akan mulai melambat. Efeknya, kemungkinan anda akan merasa lebih kedinginan, mudah lelah, dan menjadi pelupa, depresi atau terkena konstipasi. 

Baca juga:



Selain itu, menurut sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal Dermato Endocrinology menuliskan bahwa dikarenakan hormon tiroid memiliki reseptor di kulit dan memainkan peran penting terhadap pertumbuhan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel tubuh yang telah hilang dari waktu ke waktu, maka kondisi tersebut juga akan mengakibatkan kulit anda menjadi kering, kasar dan bersisik secara tidak langsung.

Seorang dokter dapat memastikan anda terkena masalah tiroid atau tidaknya dengan melakukan serangkaian tes darah. Jika anda ternyata didiagnosa terkena hipotiroidisme, kemungkinan anda akan diberikan resep obat untuk membuat kadar hormon anda kembali ke tempat semula. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang memiliki kandungan yodium, selenium dan zync yang tinggi.


Penyakit Ginjal




Penyakit Ginjal


Lebih dari 26 juta orang dewasa menderita penyakit ginjal, tetapi kebanyakan dari mereka tidak menyadarinya. Menurut kepala petugas Joseph Vassalotti, MD, dari National Kidney Foundation mengatakan bahwa gejala dari penyakit ginjal tersebut dimulai dari kelelahan, memiliki masalah dengan konsentrasi atau tidur, sering buang air kecil, hingga bengkak. 

Selain itu, kulit kering dan gatal juga bisa menjadi tanda anda terkena penyakit ginjal. Hal tersebut karena ginjal anda tidak lagi bisa menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi di dalam darah anda.

Banyak para penderita penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejalanya sama sekali hingga penyakit tersebut telah berada di tahap akhir, sehingga akan menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya seperti gagal ginjal atau terdapat jumlah protein yang sangat besar di dalam urin anda karena tidak diobati secepatnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyakit ginjal di tahap awal adalah dengan melakukan tes dokter. 

Jika anda tengah beresiko terkena penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, catatan keluarga yang terkena gagal ginjal, atau usia anda di atas 60 tahun, ada baiknya untuk selalu melakukan pemeriksaan setiap tahunnya.



Kanker Kulit


Jika anda melihat kerak atau tambalan merah tebal dan kasar yang berdarah setiap kali anda terbentur atau tergores, kemungkinan anda tengah menderita karsinoma sel skuamosa atau squamous cell carcinoma (SCC), yaitu salah satu bentuk paling umum dari kanker kulit.

SCC kebanyakan disebabkan oleh paparan UV, sehingga biasanya akan muncul di area kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Jika dibiarkan tumbuh, SCC tersebut bisa menjadi sangat berbahaya dan mematikan. sebaiknya hindari terkena sinar matahari terutama pada siang hari dengan kisaran antara jam 11 hingga jam 14 siang. 

Itulah beragam ulasan mengenai berbagai macam penyakit berbahaya dengan tanda kulit kering yang seringkali diabaikan dan tidak diperhatikan oleh seseorang. dengan adanya artikel ini semoga siapapun tetap menjaga kesehatan baik itu kesehatan jasmani dan juga kesehatan rohani masing masing. mengkonsumsi makanan sehat dan alami akan membuat tubuh semakin kuat dan terjaga dari beragam penyakit yang mengancam. semoga bermanfaat dan jangan lupa join Facebook Fanspage kami untuk dapat ulasan terbaru dengan cepat.


Back To Top