Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Kolesterol Tinggi


Sekilas kolesterol - Sebelum mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Kolesterol, merupakan lemak yang secara alami dihasilkan oleh tubuh maupun oleh asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Ada 2 macam kolesterol dalam tubuh yaitu kolesterol baik (LDL) dan kolesterol jahat (HDL). Anda perlu berhati-hati akan kolesterol dalam tubuh, yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit serius seperti jantung koroner. Berdasarkan pernyataan Dr. Djoko Maryono, DsPD, DsPJ, FIHA, FACC, penyakit jantung koroner yang bisa terjadi dikarenakan tingginya kolesterol jahat dalam tubuh sering kali tidak memberikan gejala yang Nampak bagi penderitanya. Berikut ini adalah ulasannya hanya di http://www.alasehat.net




Kolesterol Tinggi


Disarankan masyarakat untuk melakukan tes kesehatan khususnya kolesterol secara rutin setiap tahunnya, khususnya bagi mereka yang sudah berumur diatas 25 tahun. Perlu anda ketahui bahwa penderita kolesterol tinggi di Indonesia cukup terbilang tinggi, sebesar 35.9% atau sekitar 94 juta penduduk Indonesia bila diambil dari total penduduk 260 juta, mengalami penyakit kolesterol tinggi. Bila anda menderita kolesterol anda perlu mengetahui apa saja makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol.

Faktor Kolesterol Tinggi


Para penderita kolesterol tinggi tentu perlu merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat dan menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol dalam tubuh. Serta menyeleksi makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol. Pemicu dari kolesterol tinggi salah satunya adalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol apalagi tidak diimbangi dengan pola hidup sehat seperti olah raga, tidak bisa menghindari kebiasaan buruk.

Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh adalah factor genetic atau factor keturunan dan juga factor usia. Karena semakin tua umur kita, semakin besar juga kemungkinan kita untuk terkena kolesterol dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh kolesterol. Maka perlu kita mempelajari beberapa makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol. Adanya riwayat keluarga yang menderita kolesterol juga perlu kita waspadai. Normalnya kandungan kolesterol dalam tubuh adalah pada angka dibawah 200 mg d/L, yaitu kandungan kolesterol jahat (LDL) dibawah 130 mg d/L dan kolesterol baik (HDL) diatas 40 mg d/L.


Makanan Yang Perlu Dihindari Untuk Penderita Kolesterol Tinggi


Faktor lainnya yang bisa mempengaruhi kolesterol dalam tubuh adalah obesitas atau kelebihan berat badan, stress, penyakit diabetes, melakukan diet yang salah, dan lainnya. Oleh karena itu kita perlu mengontrol dan membatasi makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol ke dalam tubuh. Dan beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari bila anda sudah terkena kolesterol tinggi untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan apa sajakah itu, simak terus ulasannya di alasehat.net




sea food


1. Seafood


Makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol pertama adalah Ikan laut dan seafood lainnya (udang, kerang, kepiting, cumi). Makanan laut sangat tinggi kolesterol terutama pada jenis tiram, kerang dan kepiting. Udang memiliki rendah lemak, namun perlu anda ketahui bahwa udang tinggi akan kolesterol. Kandungan kolesterol pada udang adalah 11 mg per ekor atau 55 mg kolesterol per 1 ons udang. Makanan mengandung santan juga berbahaya bagi tubuh. Susu full krim merupakan penyumbang kolesterol tinggi bagi tubuh.

2. Jeroan dan Hati


Makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol selanjutnya adalah jeroan dan hati, hati memiliki kandungan kolesterol sebanyak 564 mg per 100 gram hati. Disarankan untuk mengkonsumsi hati kurang dari 300 mg. Usus, lidah dan paru juga merupakan jenis jeroan yang perlu dihindari bagi para penderita kolesterol tinggi. Selain itu jeroan juga mengandung kadar purin yang cukup tinggi, dan senyawa ini tidak baik untuk kesehatan khususnya penderita asam urat. Jeroan makanan kolesterol dan asam urat. Mentega merupakan penyumbang kolesterol tinggi bagi tubuh. Mentega yang banyak digemari oleh orang India ini memiliki kandungan kolesterol 215 mg per 100 gram kemasan mentega dan mengandung 30 mg dalam 1 sdm mentega.



Kolesterol Tinggi



3. Kuning Telur


Kuning telur merupakan penyumbang kolesterol tinggi bagi tubuh. Kuning telur memiliki kandungan kolesterol paling tinggi dibandingkan makanan lainnya. Sebuah kuning telur mengandung 210 mg kolesterol dan telur utuh mengandung 212 mg kolesterol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kandungan kolesterol telur ada pada bagian kuning telurnya. Otak-otak sapi, bagi penggemar makanan jeroan tentu tak asing pula dengan otak-otak. Meski merupakan makanan paling nikmat dan membuat kita ketagihan, namun otak-otak ini mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan kolesterol otak sapi mencapai 200 mg per 100 gram nya. Banyak makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol yang perlu kita ketahui selanjutnya.


4. Cokelat, telur burung puyuh, dan daging olahan


Berikut daftar makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol lainnya. Cokelat yang bukan dark chocolate juga dapat menyebabkan kolesterol karena sudah dicampur dengan susu. Telur burung puyuh, santapan dengan telur puyuh yang biasanya dalam bentuk sate tentu sangat menggugah selera. Tapi tahukah anda kadar kolesterol yang terkandung dalam telur puyuh adalah 364 mg per 100 gram telur. Daging olahan seperti sosis, daging asap merupakan penyumbang kolesterol tinggi bagi tubuh. Daging domba dan itik merupakan jenis yang paling banyak mengandung kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5. Keju


Makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol berikutnya adalah keju penyumbang kolesterol tinggi bagi tubuh. Keju atau krim keju memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dengan minimal kolesterol 27 mg per ons nya. Meski mengandung sumber tambahan protein dan juga sumber kalsium yang baik bagi tubuh, namun keju masuk dalam daftar makanan mengandung kolesterol. Daging bebek, daging yang memiliki cita rasa lezat ini perlu anda hindari bila memiliki kadar kolesterol tinggi. Karena dalam daging bebek tersimpan kolesterol tinggi dan minyak berlebih bila diolah dengan cara digoreng. Meskipun disamping kolesterol, bebek memiliki kandungan vitamin B dan kaya akan protein.



ice cream


6. Es Krim dan Makanan Cepat Saji


Es krim, es krim sebagian besar kandungannya adalah terbuat dari susu. Maka es krim juga bisa dikatakan sebagai makanan yang tinggi kolesterol. Dalam 1 cangkir es krim, memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan dengan burger, kandungannya lebih tinggi dari 10 donat. Makanan Cepat saji juga merupakan makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol, makanan cepat saji selain praktis dan mudah untuk disiapkan namun makanan ini menyimpan begitu banyak kolesterol.  Makanan tersebut memicu terjadinya kerusakan pada organ jantung bila anda tidak membatasi dalam mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan makanan ini mengandung banyak garam dan juga sodium. Sandwich dengan keju dan telur mengandung 172 mg kolesterol per 100 gram atau sekitar 246 mg kolesterol dalam 1 buah roti lapis tersebut.

Bila anda sudah memiliki kadar kolesterol tinggi ada baiknya mengurangi asupan makanan-makanan tersebut atau menghindari makanan yang dilarang untuk penderita kolesterol. Karena akan beresiko menimbulkan jenis penyakit yang lebih serius lainnya. Kecuali, jika Anda rutin konsumsi setiap hari obat kolesterol tinggi yang mampu menormalkan kolesterol dalam darah di dalam tubuh Anda. 

Itulah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Kolesterol Tinggi,  Selain itu bagi penderita kolesterol tinggi perlu diperhatikan bahwa pentingnya mengatur pola makan dan konsumsi makanan penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Utamakan untuk makan sayur dan buah-buahan yang bergizi bagi tubuh. Buah dan sayur sebagai penurun kolesterol dan darah tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan gula juga lemak. Semoga informasi ini bermanfaat dan untuk terus mendapatkan informasi kesehatan alami terbaru 


Back To Top