Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh


Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Untuk Kesehatan mungkin belum sepenuhnya diketahui oleh sebagian orang atau masyarakat. Penggunaan AC serta kipas angin memang di negara Indonesia atau di wilayah tropis tentu sudah menjadi suatu hal yang biasa dan sering dilakukan karena mengingat udara yang begitu gerah dan panas. AC serta kipas angin memang menjadi hal untuk mengatasi masalah agar udara dan suasanya menjadi segar dan sejuk. Kini hampir setiap rumah memiliki kipas angin bahkan AC terutama pada kantor-kantor atau gedung-gedung pasti akan memasang alat pendingin tersebut untuk menghindari rasa gerah dan membuat nyaman dalam beraktifitas di dalam ruangan. 


Dampak Buruk Penggunaan AC
Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh

Penggunaan AC serta kipas angin memang sangat mengatasi masalah udara yang panas khususnya di daerah tropis. Namun tahukah anda jika penggunaan AC serta kipas angin yang terus menerus setiap hari akan membahayakan kesehatan tubuh. Hal ini perlu dicermati dan dipahami bagi anda yang setiap hari selalu bergantung terhadap alat pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin. Nah, seberapa bahayakah alat pendingin ruangan tersebut terhadap kesehatan jika terus menerus digunakan? Ikuti terus ulasannya hanya di alasehat.net

Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh


Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin
Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi anda semua yang selalu beraktifitas atau dalam kesehariannya di dalam ruangan yang ber-AC atau bergantung dengan alat pendingin, perlu diwaspadai hal-hal berikut ini.

Kesemutan



carpal tunner syndrome
Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh

Sering berada di dalam ruangan yang menggunakan alat pendingin akan membuat tubuh sering kesemutan dan kemudian akan sering menimbulkan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu misalnya pada jari-jari tangan atau kaki.  Jika hal tersebut terus berkelanjutan maka akan membuat sindrom pada tubuh yang diakibatkan dari pembengkakan syaraf pada tubuh atau disebut dengan Carpal Tunel Syndrome. Jika tubuh terkena suhu yang selalu dingin setiap hari dari alat pendingin maka akan terjadi pembengkakan syaraf  dari pergelangan tangan.

Kulit menjadi kering


Jika sering terkena alat pendingin ruangan akan menjadikan kulit tubuh menjadi lebih kering dan kusam. Jadi kulit kering tidak semata-mata dikarenakan karena terkenanya sengatan sinar matahari namun juga dikarenakan oleh alat pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC. Seringnya atau terlalu lama terkena alat pendingin ruangan akan membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat. Pada dasarnya kult tubuh manusia mengandung air dan selalu memerlukan kandungan air yang mengalir dari darh ke seluruh bagian kulit tubuh.

Tubuh kekurangan air 


Seperti pernyataan diatas bahwa penggunaan AC serta kipasa angin yang berlebihan akan membuat kulit kering serta tubuh kekurangan kandungan air. Tubuh manusia itu sangat memerlukan air yakni sekitar 70 persen setiap harinya, jika kita menggunakan alat pendingin ruangan setiap harinya maka cairan di dalam tubuh akan selalu berkurang. Hal itu akan berdapak yang tidak baik pada kesehatan ttubuh dimana organ tubuh akan bekerja tidak maksimal sehingga organ tubuh akan mengalami masalah yang sangat serius.

Otot leher kaku


Tidur malam dalam kondisi ruangan ber AC atau menggunakan kipas angin maka ketika bangun tidur pada pagi harinya akan merasakan kepala sulit untuk menengok selain itu jika digerakkan leher akan terasa kaku dan nyeri.  Hal ini dikarenakan alat pendingin dapat menyebabkan pembekuan pada kekuatan otot. Sebaikanya ketika ingin tidur dengan menggunakan kipas angin atau AC lebih baik atur tingkat dingginnya yang normal saja jangan terlalu dingin dan lebih baik lagi tidak menggunakan alat pendingin demi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Bahu terasa beku


bahu kaku karena penggunaan AC dan kipas angin
Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh

Selain leher akan terasa kaku maka penggunaan alat pendingin ruangan yang terllau lama dan sering akan membuat bahu terasa beku dimana bahu akan terasa susah digerakkan.  Jika anda sering menggunakan alat pendingin dan mengalami hal ini maka anda perlu diwaspadai bahwa telah terkena suatu penyakit Frozen Shoulder. Biasanya rasa sakit ini akan dirasakan ketika bangun tidur. Gejala lainnya bisa dilihat dan dirasakan ketika kesulitan dalam menyisir rambut atau gosok gigi jadi waspadalah akan masalah tentang penggunaan alat pendingin ruangan terllu berlebihan.

Sesak nafas


Penggunaan AC serta kipas angin yang berlebihan juga akan berdampak pada gangguan sesak nafas karena di dalam ruangan yang dilengkapi dengan alat pendingin akan kekurangan udara. Penggunaan alat pendingin ruangan maka oksigen di dalam ruangan akan berkurang, dimana manusia akan selalu menghirup oksigen serta mengeluarkan zat karbondioksida  secara terus enerus. Dan hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh dimana di dalam ruangan berAC  atau kipas angin maka akan kekurangan oksigen dan susah untuk bernrena udara kotor yang nafas.

Infeksi saluran pernfasan


Seperti halnya diatas bahwa penggunaan alat pendingin ruangan yang berlebihan akan membuat sesak nafas. Selain itu juga akan membuat saluran pernapasan menjadi terganggu karena udara kotor yang masuk. Dalam hal ini memang AC tidak terlalu berbahaya dimana AC dapat menyaring udara kotor, namun kipas angin tidak akan dapat menyaring udara kotor karena kipas akan menghembuskan udara di sekitar kita saja. Udara kotor tersebut akan terdapat virus, kuman serta bakteri, jadi ketika menggunakan kipas angin secara otomatis kita akan menghirup udara kotor tersebut. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan seperti asma dll.

Kelumpuhan pada wajah


bell's palsy
Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh

Hal yang cukup mengerikan yang diakibatkan oleh penggunaan alat pendingin ruangan yakni terjadinya kelumpuhan pada wajah. Sindrom ini sering disebut dengan Bell’s Palsy dimana penyakit ini terjadi karena virus jahat ayang dibawa oleh udara yang berasal dari AC atau kipas angin yang bisa menyebabkan kelumpuhan di wajah.  Bell’s Palsy ini juga ada yang mengatakan terjadi karena hempasan udara dingin yang dikeluarkan oleh mesin pendingin ruangan tersebut.  Hempasan udara dingin bida mengakibatkan pembengkakan sistem syaraf pada wajah yang akhirnya akan menyebabkan berkurangnya pengecap rasa, susah berkumur hingga susah berbicara.

Dampak Buruk Penggunaan AC dan Kipas Angin Bagi Kesehatan Tubuh tersebut diatas perlu diwaspadai terutama bagi anda semua yang selalu berada di ruangan ber-AC atau selalu menggunakan kipas angin. Alangkah baiknya jika lebih selektif dan bijak dalam menggunakan mesin pendingin ruangan seperlunya saja demi menjaga kesehatan tubuh yang lebih baik dan menghindari hal-hal yang buruk. Demikianlah ulasan kami tentang dampak buruk penggunaan mesin pendingin ruangan, semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua. Untuk mendapatkan berita informasi terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google +, jangan lupa like dan share ya guys sampaikan informasi ini kepada semua orang. Baca pula artikel bermanfaat lainnya seperti ini Tips Mata Sehat Bekerja Di Depan Komputer 


Back To Top