Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh – Singkong atau disebut dengan ubi kayu tentu sudah tidak asing lagi bagi kita khususnya masyarakat Indonesia. Singkong merupakan makanan tradisional yang sering dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Banyak yang mengatakan bahwa singkong merupakan makanan ndeso tapi jangan salah walaupun ndeso memiliki kandungan gizi tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman singkong awal mulanya berasal dari Paraguay serta Brazil dan telah menyebar hingga ke seluruh dunia dan menjadi salah satu makanan poko masyarakat Thailand dan Indonesia.


singkong
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Akar singkong menjadi sumber pati yang sangat tinggi, menjadi sumber energi serta tinggi kalori. Selain di jadikan sumber pangan atau makanan pokok, kini singkong berkembang dan dijadikan untuk berbagai olahan makanan yang lezat. Dengan menambahkan asupan singkong untuk makanan harian akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan mencukupi kebutuhan serat, vitamin serta mineral. 

Singkong bisa dimakan setelah dimasak terlebih dahulu bertujuan untuk mengindari racun. Singkong bisa diolah menjadi aneka makanan seperti di rebus, digoreng, dijadikan nasi yang namanya nasi tiwul, serta berbagai olahan makanan lainnya yang enak. Kini olahan berbahan singkong sangat diminati oleh banyak orang.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh


Singkong memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk tubuh diantaranya adalah sebagai berikut.

Magnesium & tembaga


Mengkonsumsi singkong akan membantu mencukupi kebutuhan magnesium serta tembaga di dalam tubuh. Diet dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium akan membantu meningkatkan kesehatan sepanjang hidupnya, menghindari osteoporosis, serta dapat menurunkan tekanan darah. Sedangkan kandungan tembaga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja syaraf agar selalu sehat.


 Singkong
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh


Saponin


Singkong mengandung saponin yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol dimana saponin mampu mengikat kolesterol dan zat asam empedu di dalam tubuh yang diserap melalui usus sehingga mencegah adanya kolesterol. Efek dari saponin ini dapat menjadi antioksidan melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Bahkan pada penelitian yang di lakukan oktober 2010 oleh para ilmuwan yang ada di Universitas Tianjin menyatakan bahwa saponin dalam singkong ini mampu membantu mencegah penyakit kanker.

Serat


Singkong mengandung kaya serat dan karbohidrat yang baik untuk tubuh manusia.  Serat berfungsi mengontrol tekanan darah, gula darah, kolesterol serta mencegah obesitas atau kegemukan. Untuk mendapatkan manfaat singkong ini bisa dikonsumsi dengan cara di rebus atau dikukus.


Singkong rebus
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh


Folat dan vitamin C


Singkong sangat kaya dengan folat dan vitamin C sehingga singkong sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan folat dapat melindungi kesehatan usus besar sedangkan vitamin C dapat melindungi tubuh dari kanker dan juga resiko penyakit jantung. Selain itu dalam singkong juga mengandung vitamin B dan juga K.

Kalium


Kandungan kalium yang tinggi dalam singkong membuat singkong baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Kalium sendiri berfungsi sebagai pengatur tekanan darah dan juga detak jantung sehingga lebih normal dan menjadi sehat.

Singkong tidak mengandung protein alergi gluten sehingga singkong dapat dijadikan tepung pengganti. Orang yang diagnosis memiliki penyakit berbasis alergi terhadap gluten dan juga celiac dapat diatasi dengan mengkonsumsi singkong atau tepung yang terbuat dari bahan singkong.

Itulah Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu diketahui dengan seksama. Gemar mengkonsumsi makanan alami tentu akan lebih menyehatkan daripada makan makanan yang instan atau dalam kemasan. Semoga bermanfaat, jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita dna informasi bermanfaat terbaru lainnya. Baca pula Manfaat Ubi Jalar Kuning Untuk Kecantikan, yuk like dan share


Back To Top