Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan


Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan – Buah naga merupakan salah satu buah unik yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh manusia. Sebagian besar orang menyukai buah yang mirip seperti naga ini mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Buah naga sendri ada dua jenis yakni buah naga yang dagingnya berwarna merah dan berwarna putih. Buah ini dapat langsung dimakan atau bisa dijadikan jus atau minuman segar. Biasanya orang akan memakan daging buahnya saja dan tentu kulitnya dibuang di tong sampah. Namun tahukah anda bahwa kulit buah naga ini ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.


buah naga
Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Memang terdengar aneh bilamana kulit buah naga dapat dimanfaatkan, ya memang kuasa Tuhan memang tak bisa dipungkiri bahwa semua yang ada di bumi ini semuanya dapat dimanfaatkan, hanya saja manusianya yang belum begitu mengetahuinya dengan baik. Jadi jika anda sedang memakan buah naga lebih baik jangan buru-buru untuk membuang kulitnya namun bisa anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan dari tubuh kita. Kali ini alasehat.net akan mengulas tentang apa saja manfaat kulit buah naga untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan


kulit buah naga
Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga memiliki kulit yang unik yang berwarna merah terang dan tekstur kulitnya tebal dan sedikit keras. Banyak orang yang mengenal manfaat buah naga hanya ada pada dagingnya saja namun pada kulitnya juga memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Kulit buah naga memiliki senyawa aktif yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti tryepene, teraxast, dan pentacyclic.  Apa saja manfaatnya ikuti terus ulasannya berikut ini.


Mencegah pertumbuhan tumor


Tumor merupakan suatu penyakit yang sangat membahayakan bahkan bisa mematikan sehingga penyakit ini masuk ke dalam penyakit yang berbahaya. Kulit buah naga dapat membantu mencegah dan juga menghambat pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh manusia. Tumor ini memang tidak separah kanker namun tetap mengganggu dan membahayakan jika tidak segera diatasi dengan tepat. Tumor sendiri jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kanker yang mengancam nyawa manusia. Cara mencegah dan menghambat pertumbuhan sel tumor dalam tubuh yakni dengan memanfaatkan kulit buah naga dengan membuat kulit buah naga menjadi teh herbal. Konsumsilah teh dari kulit buah naga ini agar sel tumor tidak berkembang di dalam tubuh.

Mencegah pertumbuhan sel kanker


Kulit buah naga juga dipercaya dapat menghambat dan juga mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh manusia.  Penyakit kanker sendiri telah di anggap menjadi suatu penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit kanker memang bisa diobati secara medis namun tidak ada salahnya untuk menggunakan ramuan dari kulit buah naga untuk mengobati dan menghambat sel kanker agar tidak menyebar dan menjadi kronis. Kulit buah naga mampu meminimalisir dan menekan berkembangnya sel kanker. Dalam hal ini penderita bisa mengkonsumsi teh herbal dari kulit buah naga dengan teratur. 

Melembabkan kulit

kulit cantik
Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Kulit yang kering tentu sangat mengganggu penampilan kita khususnya wanita. Mereka melakukan berbagai cara agar kulit terlihat cerah, lembab dan berseri. Kulit buah naga ini dapat membantu melembabkan kulit wajah dan menjaganya sepanjang hari. Walaupun anda terkena paparan matahari maka kulit tetap lembab dan berseri. Cara melembabkan kulit wajah dengan kulit buah naga yakni dengan mengkonsumsi teh herbal dari kulit buah naga dengan teratur.

Melenturkan pembuluh darah


Kelenturan dalam pembuluh darah memang wajib dijaga dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pecahnya pembuluh darah karena  tingginya tekanan aliran darah yang berasal dari jantung. Kulit buah naga memiliki zat yang berguna menjaga pembuluh arah agar tetap lentur yang melebihi obat kimia. Hal ini dikarenakan dalam kulit buah naga mengandung senyawa aktif yakni teraxast serta pentacyclic triyepene. 

kulit buah naga
Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Pendekteksi boraks serta formalin yang ada pada makanan


Makanan yang mengandung boraks dan juga formalin jika dikonsumsi akan membahayakan tubuh manusia.  Karena pengawet tersebut tidak diperuntukkan untuk makanan dan kini banyak kita dengar di berbagai media bahwa kedua pengawet itu sering dicampurkan pada makanan agar makanan tetap awet dan tidak mudah busuk.  Tentu dengan banyaknya pemberitaan banyak ornag yang selalu ragu, mas-was dan takut untuk membeli makanan. Nah, jika anda takut akan suatu makanan tersebut mengandung boraks atau formalin anda bisa mendeteksinya dengan menggunakan kulit buah naga.  

Caranya dengan memotong kecil kulit buah naga rendam dalam air yang telah dicampur dengan air dari perasan jeruk nipis pastikan warnanya kemerahan. Nah jika ingin menguji makanan mengandung zat pengawet tersebut bisa dnegan mencelupkan tisu ke air tadi dan tempelkan tisu pada makanan yang akan diuji diamkan 10 menit. Lalu amati jika tisu kembali berwarna putih itu tandanya makanan tersebut aman namun jika tisu warnanya tetap merah tandanya makanan tersebut mengandung zat pengawet yang berbahaya.

Cara Membuat Teh Hebal Kulit Buah Naga 

teh herbal kulit buah naga
Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Cara membuat teh herbal dari kulit buah naga yakni dengan memotong kulit buah naga lalu dikeringkan dan jika sudah benar-benar kering bisa diseduh seperti membuat teh pada umumnya. Minum teh herbal ini pada pagi dan malam hari dengan teratur. Namun lebih baik sebelum mengkonsumsinya disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.


Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan yang diulas diatas semoga bisa menambah informasi untuk pembaca semua. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat lainnya. Baca pula Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia like dan share yaaa...!!!


Back To Top