Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan


Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan – Biji bunga matahari yang sering kita sebut dengan kwaci adalah cemilan yang banyak digemari oleh banyak orang. Biasanya kwaci selalu menemani ketika kita lagi bersantai sebagai cemilan yang enak dan tidak mengenyangkan. Kwaci atau biji bunga matahari tersebut memiliki tekstur yang lembut dan juga sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Biji bunga matahari yang telah diolah dan menjadi kwaci ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Ternyata biji bunga matahari ini selain dijadikan cemilan juga sering dijadikan bahan untuk masakan.

biji bunga matahari
Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Biji bunga matahari mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. biji bunga matahari ini dihasilkan dari tanaman herbal dari keluarga Asteraceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan berkembang di berbagai negara di dunia. Bahkan ada beberapa negara yang menjadi produsen tanaman ini yakni Cina, Rusia, Argentina, sera Amerika Serikat.

Biji bunga matahari permukaan yang halus berbentuk kerucut dengan panjang sekitar 8 mm. Bagian luarnya berwarna gelap dan berbiji tunggal berwarna putih keabu-abuan. Pada setiap bunga matahari terdapat ratusan biji yang memiliki kandungan minyak nabati. Biji bunga matahari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena di dalamnya memiliki banyak sekali kandungan nutrisi diantaranya, karbohidrat, lemak, energi, protein, serat, pitosterol, folates, roboflavin, niacin, pyridoxine, pantothebic acid, vitamin A, C, E, thiamin, sodium, potassium, kalsium, mineral, tembaga, magnesium, zat besi, selenium, zinc, mangan, phosphorus, lutein-zeaxantine, beta karoten, serta beta crypto xanthin.


Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan


bunga matahari
Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam biji bunga matahari diatas, biji matahari atau kwaci memberikan banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya ikuti terus ulasannya ada di alasehat.net

Menurunkan kolesterol


Biji bunga matahari mengandung pitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan juga dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Pada beberapa penelitian oleh para ahli menyatakan bahwa pitosterol hadir dalam biji-bijian atau kacang-kacangan salah satunya pada biji bunga matahari yang mempunyai kandungan pitosterol  pada setiap 100gr ada 270-289mg.


Mencegah penyakit jantung/stroke


serangan jantung
Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Kandungan mgnesium yang banyak dalam biji bunga matahri dapat mengurangi atau mencegah penyakit jantung/stroke, asma, migrain, dan juga hpertensi. Kandungan asam lemak linoleat yang ada dalam biji bunga matahari juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahar dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Dan penelitian yang dilakukan juga menyatakan bahwa makanan yang memiliki lemak tak jenuh dapat mencegah penyakit jantung/stroke.

Menjaga kesehatan kulit


Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang menjadi anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas da menjaga integritas membran kulit serta selaput lendir. Hal tersebut menjadikan kesehatan kulit menjadi lebih sehat.

Menjaga kesehatan tulang


kesehatan tulang
Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Kandungan magnesiumnya sangat baik bagi pembentukan energi dan menjaga kesehatan tulang. Dalam tubuh ada sekitar 2/3 magnesium dapat ditemukan dalam tulang. Sebagian ada yang berfungsu membentuk struktur fisik tulang dan yang lainnya ditemukan di permukaan tulang yang dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam tubuh.

Mencegah kardiovaskular


Vitamin E pada kwaci mempunyai fungsi yang penting untuk mencegah kardiovaskular. Vitamin E dengan efektif mengurangi resiko atherosclerosis. Dimana orang yang mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin E akan sedikit terkena serangan jantung.


Sebagai penenang otot, saraf dan pembuluh darah


Magnesium dalam kwaci dapat mengimbangi kalsium sehingga dapat engatur sistem otot dan saraf. Magnesium mampu membuat saraf pada otot dan pembuluh darah bekerja dengan normal. Asupan makanan yang mengandung magnesium sangat baik dan memberikan kontribusi besar bagi hipertensi, kejang otot, kram otot, serta migrain.

Menurunkan kadar gula darah


Senyawa polifenol  seperti asam quinic, chlorogenic, dan asam caffeic sangat bermanfaat bagi tubuh. senyawa tersebut dapat menjadi antioksidan yang dapat menghilangkan molekul oksidan yang membahayakan tubuh. selain itu asam klorogenat berfungsi menurunkan kadar gula darah. jadi penderita diabetes bagus mengkonsumsi kwaci atau biji bunga matahari untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Mengurangi depresi


depresi
Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Kandungan pyridoxine dan niacin selain menurunkan kadar kolesterol juga meningkatkan aktivitas Gamma-aminobutyric pada otak yang berfungsi mengatur mengurangi neurosis dan kecemasan.

Itulah beberapa Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi biji bunga matahari sebagai teman santai dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. semoga bermanfaat, jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru. Baca pula Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan


Back To Top