Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami


Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami – Penyakit cacar air adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi karena virus varicella zoster. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak namun terkadang juga sering menyerang orang dewasa. Ada mitos yang mengatakan jika cacar air ini pasti menyerang setiap orang dalam satu kali saja, nah jika pada waktu kecil sudah menderita cacar air maka sudah tidak lagi terkena cacar air. Entah itu benar atau tidak penulis juga belum dapat memastikan. Terlepas dari semua itu cacar air ini harus segera diobati agar cepat sembuh dan cacar air ini juga bisa menular pada orang lain.


cacar air
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Penyakit cacar air ditandai dengan badan yang lemas, demam, lesu, lemah, yang disertai dengan pilek dan suhu badannya juga naik diatas normal. Cacar air ini mucul pada tubuh yang ditandai dengan ruam merah berbentuk bentolan kecil yang di dalamnya mengandung air pada kulit tubuh. Bentolan tersebut terasa sangat gatal dan jika pecah karena digaruk akan membekas pada kulit dan susah dihilangkan. 

Cacar air biasanya akan muncul merata diseluruh tubuh. Gejala yang ditimbulkan ketika menderita cacar air adalah tubuh merasa lemas, panas, pusing, demam, dan nafsu makan menurun seolah-olah lengkap sudah penderitaannya belum lagi ditambah dengan rasa yang gatal dan tidak nyaman di kulit tubuh. Ketika menderita penyakit ini banyak orang yang langsung melakukan pengobatan secara medis ataupun pengobatan alami agar cacar air segera sembuh dan tidak meninggalkan bekas pada kulit tubuh. Dari beberapa pengobatan untuk cacar air ternyata ada beberapa pengobatan tradisional yang dapat menyembuhkan cacar air dengan mudah dan cepat. Untuk lebih jelas dan lengkapnya akan diulas di alasehat.net.


Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami


cacar air
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Jika menderita cacar air anda bisa melakukan pengobatan secara tradisional dengan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar kita. Obat-obat tradisional ini dapat dijadikan alternatif untuk mengobati cacar air dengan cepat. Berikut beberapa cara mengobati cacar air dengan bahan alami yang bisa anda coba.

Mengkudu


mengkudu
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Mengkudu adalah buah yang memiliki bau dan rasa yang aneh dengan bau yang sangat menyengat. Tak jarang orang suka dengan buah yang satu ini, namun buah ini mampu mengobati cacar air dengan cepat. Buah mengkudu dapat mempercepat kondisi cacar air menjadi kering sehingga tidak terasa gatal kembali, nah jika sudah kering tentu proses sembuhnya akan lebih cepat. Cara menyajikannya dengan membuat jus mengkudu dan diminum dengan teratur setiap hari hingga cacar air sembuh.

Temulawak


Temulawak dapat diajdikan alternatif untuk mengbati cacar air dengan cepat. Cara mengobati cacar air dengan temulawak adalah dengan menyiapkan kencur sekitar 15gr dicampur dengan asam jawa 15gr kemudian direbus dnegan air sekitar 500ml sampai mendidih dan minum airnya setiap 2-3 dalam sehari dengan teratur hingga sembuh.


kunyit temulawak
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Kunyit


Kunyit dapat berguna  menyembuhkan atau menghilangkan rasa gatal bagi penderita cacar air dan juga dapat menghilangkan bekas luka cacarnya. Cara menggunakannya dengan mengoleskan kunyit yang telah dihaluskan pada cacar diamkan 10 menit dan bilas. Lakukanlah dengan teratur hingga sembuh.

Lada


Lada, bumbu dapur yang satu ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan cacar air. Lada yang memiliki rasa panas dan pedas jika dimakan, namun dalam mengobati cacr air ini tidak dimakan namun cukup dioleskan pada bentolan cacar air tersebut. Ketika dioleskan cacar tidak terasa begitu  perih namun sebelumnya luka cacar harus dibersihkan dengan air dan oleskan bubuk lada pada luka cacar.


Kacang hijau


Kacang hijau sering dijadikan olahan makanan yang lezat dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Penggunaan kacang hijau untuk cacar air ini dapat mempercepat penyembuhan karena dengan kacang hijau akan lebih cepat mengeringkan cacar.  Selain itu dalam kacang hijau juga terdapat kandungan gizi yang dapat berfungsi menghilangkan bekas cacar. 

Cara menggunakan kacang hijau dalam mengobati cacar air yakni siapkan kacang hijau, rendam semalaman hingga kacang membengkak dan haluskan. Kemudia oleskan kacang hijau tersebut pada cacar air yang ada di kulit diamkan hingga kering dan bersihkan menggunakan air. Lakukanlah terapi ini setiap hari sebanyak 2 x sebelum mandi.

Cendana


cendana
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Cendana juga mempunyai manfaat mengatasi cacar air dalam hal ini cendana sangat ampuh dalam menghilangkan bekas cacar yang berwarna gelap di kulit. Caranya pun mudah cukup menghaluskan cendana dan campur dengan air aduk rata dan oleskan pada luka cacar air. Cara ini akan membuat kulit tubuh kembali normal dan tidak ada bekas luka ari cacar air.

Kulit pisang


Kulit pisang memang masih banyak yang belum mengetahu akan manfaatnya, salah satunya adalah mengobati cacar air. Kulit pisang dapat berfungsi menghilangkan sel kulit mati, jadi dengan memanfaatkan kulit pisang dapat mempercepat penyembuhan penyakit cacar air tersebut. Cara pemakaiannya dengan menggosokkan kulit pisang di cacar air atau bekas cacar air dengan teratur selama 10 menit bilas dengan air dan lakukan setiap 2x sehari dengan teratur.

Madu


Madu adalah salah satu bahan alami dengan jutaan manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk membuat kulit mnejadi lebih sehat dan mulut. Kandungan yang terdapat dalam madu dapat mencegah infeksi yang ada pada luka. Jadi madu dapat dijadikan salah satu bahan alami yang dapat mempercepat penyembuhan cacar. Dimana cacar air mengakibatkan infeksi pada tubuh. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan madu asli pada cacar air.

Daun jarak


daun jarak
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Daun jarah menjadi slah satu obat tradisional alami yang dapat mengobati cacar air dengan mudah. Daun jarak pun juga mudah ditemukan dan sering dijadikan pagar hidup di samping rumah atau dikebun. Cara memanfaatkan daun jarak untuk mengobati cacar air yakni dengan merebus daun jarak sekitar 15 menit dan gunakanlah untuk mandi. Lakukanlah dengan teratur hingga cacar air sembuh setiap dari sebanyak 2 x.

Air kelapa muda


Mendengar air kelapa muda tentu hal yang dipikirkan adalah kesegarannya yang membuat rasa dahaga menjadi hilang. Air kelapa muda dapat dijadikan obat tradisional dalam mengobati cacar air dengan mudah dan cepat. Hal tersebut karena air kelapa muda dapat menyegarkan tubuh menghilangkan rasa gerah serta panas akibat cacar air. Penggunaan air kelapa muda ini bisa diminum langsung dengan ditambah madu atau bisa juga disiramkan pada cacar air di kulit tubuh. Penggunaan air kelapa ini selain menyegarkan juga mempercepat cacar air kering.

Baking soda


Baking soda merupakan obat yang cukup populer dalam mengendalikan rasa gatal yang ditimbulkan oleh cacar air. Caranya dengan mencampurkan sedikit soda dalam segelas air dan gunakan untuk mandi atau bisa dengan mencelupkan spons pada campuran air dan soda tersebut lalu usapkan paada cacar air. Cara ini akan mempercepat mengeringkan cacar air sehingga menghindari tangan menggaruk ruamnya.


Daun pegangan


daun pegangan
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Daun pegangan juga mampu mengobati cacar air karena dapat berfungsi meremajakan kulit sehingga cacar air dan bekasnya cepat hilang. Cara menggunakannya dengan menjadikan daun pegangan sebagai jus dan diminum, untuk memberikan rasa yang enak bisa ditambahkan madu secukupnya.

Bengkoang


Telah diketahui bahwa bengkoang memiliki manfaat yang sangat banyak baik bagi kesehatan dan kecantikan terutama kecantikan kulit. Maka dari itu bengkoang dipercaya dapat mengobati cacar air dengan efektif dan cepat serta dapat menyamarkan dan menghilangkan luka. Caranya menghaluskan bengkoang dan diberi air sedikit lalu oleskan pada cacar air.

Jagung muda


Kandungan yang terdapat dalam jagung muda dapat berguna menjaga kulit dengan baik karena jagung mengandung amilum yang tinggi. selain itu pati jagung juga berfungsi sebgaai penenang ruam serta iritasi di kulit. Capa penggunaan jagung muda untuk mengobati cacar air yaitu dengan memarut jagung muda dan oleskan pda ruam cacar. Selain cepat menyembuhkan cacar juga dapat menghilangkan bekas cacar air.

Air kacang polong


kacang polong
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Kacang polong adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin A serta asam folat yang tinggi. Dengan demikian air kacang polong sangat efektif dalam menyembuhkan iritasi pada kulit khususnya bagi penderita cacar air. Caranya cukup mduah cukup dengan merebus kacang polong dan air rebusannya dioleskan pada cacar air yang ada di tubuh.


Tidak menggaruk


cacar air
Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami

Memang hal yang susah diatasi adalah tidak menggaruk kulit yang terkena cacar air karena cacar air menimbulkan rasa gatal yang cukup menyiksa dan tangan ini tak bisa diam aja bukan. Menggaruk cacar adalah hal yang tidak bak karena dnegan menggarukakan menghambat penyembuhan penyakit cacar air itu sendiri.  Selain itu dengan menggaruk akan menyebarkan cacar ke bagia kulit lainnya yang ada di tubuh. Stop menggaruk cacar air.

Menjaga kebersihan


Terakhir cara yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Dengan demikian tubuh akan terjaga serta terhindar dari virus, kuman yang dapat menjadikan daya tahan tubuh melemah.  Jadi penderita cacar air harus sering mengganti pakaian untuk menghindari kuman yang melekat pada pakaian.

Itulah Cara Mengobati Cacar Air Dengan Bahan Alami yang bisa anda coba ketika kulit tubuh mengalami cacar air. Pengobatan dengan bahan yang alami memang memerlukan suatu kesabaran dan ketlatenan sehingga cacar air akan hilang dengan perlahan dan anda pun tidak lagi merasakan gatal dan kesakitan lagi. Smeoga bermanfaat, untuk mendapatkan informasi bermanfaat yang terbaru setiap harinya jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google +. Jangan lupa like dan SHARE ya guys...


Back To Top