Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan


Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan – Pernahkah anda mendengar bekatul? Ketika mendengar nama bekatul sebagian orang akan berfikiran tentang limbah padi yang baunya apek, kulit padi, makanan ternak, atau hal yang kotor. Bekatul itu sendiri adalah limbah dari hasl proses penggilingan padi yang pertama. Dimana ketika menggiling padi kulit padi yang terpisah dengan beras atau butiran beras yang dinamakan endosperma beras. Nah, Bekatul merupakan suatu lapisan tipis yang melapisi butiran beras atau endosperma beras tersebut. Bubuk bekatul ternyata mempunyai rasa sedikit manis dan berwarna coklat kekuningan yang kini biasanya dijadikan untuk pakan ternak.

Gambar Bekatul


bekatul atau katul
Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Bekatul  atau yang sering disebut katul ini ternyata tidak hanya sebagai pakan ternak namun juga memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh manusia. Konon masyarakat jaman dahulu juga menjadikan bekatul sebagai makanan sehari-hari dan orang-orang dulu menyebutnya dengan jaman katul. Wajar saja kalau orang-orang dahulu tidak banyak menderita penyakit yang aneh-aneh seperti saat ini karena makanannya sangat alami dan menyehatkan tubuh.  memang bekatul adalah suatu hal yang disepelekan karena saat ini jarang bahkan tidak pernah lagi ada orang yang mengkonsumsinya. Semua makanan yang dikonsumsi serba modern. Simak terus ulasannya di alasehat.net

Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan


Bekatul yang sering dipakai untuk pakan ternak ternyata memiliki kandungan berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut diantaranya vitamin A, vitamin B1 (tianin), vitaminB2 (riboflavin), vitaminB3 (niasin), vitamin B12, vitamin E (tokoferol), asam pantotenat, p-asam aminobenzoat, kolin, asam folat, piridoksin, serta inositol.  Banyaknya kandungan vitamin dalam bekatul menjadikan bekatul memiliki manfaat yang snagat baik untuk kesehatan tubuh, memang bekatul memiliki bau yang tidak sedap. 


bekatul atau katul
Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Bekatul juga tidak bisa tahan terlalu lama dan ketika menguap akan berbau tengik, namun ada cara mudah untuk membuat bekatul ini bisa tahan lama. Cara mengawetkan bekatul bisa dilakukan dengan disangrai, disimpan dalam  suhu yang tinggi, serta dikukus dan dikeringkan. Nah, dengan cara pengawetan tersebut kita bisa menyimpan bekatul dalam waktu cukup lama tanpa menimbulkan bau yang tidak sedap. Dan inilah beberapa Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan.

Menurunkan kolesterol jahat


Kandungan tokotrienol sangat berperan dalam menurunkan kolesterol jahat. Tokotrienol berguna menghambat kinerja enzim penimbun kolesterol dalam tubuh. Bekatul atau katul ini menjadi salah satu sumber serat yang membantu dalam memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh manusia.  Serat pangan itu sendiri berfungsi mengikat asam empedu kemudian akan keluar bersama tinja.

Mengobati pengapuran pembuluh darah


Kandungan vitamin B15 yang terdapat dalam bekatul mampu mengatasi terjadinya pengapuran pada pembuluh darah.  Nah, jika anda memiliki masalah pengapuran pembuluh darah bisa mengkonsumsi bekatul.

Menyehatkan sistem pencernaan


Bekatul yang telah disebutkan diatas menjadi sumber serat pangan atau yang disebut dietary fiber mampu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi bekatul ini mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Metabolisme lemak


Pecahan lemak pada bekatul mampu menurunkan jumlah kadar lemak darah dalam tubuh baik itu pada manusia dan juga pada hewan.

Baik bagi penderita diabetes


Bekatul juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes karena dalam bekatul terdapat kandungan serat pangan di dalamnya.  Sehingga bekatul bisa dijadikan makanan harian untuk penderita diabetes memang ketika mengkonsumsi pada pertama kali akan memberikan efek samping seperti diare namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Jadi tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi bekatul untuk asupan harian khususnya bagi penderita diabetes.

Melawan kanker dan radikal bebas


Efek dari radikal bebas mampu mengakibatkan penuaan dini pada manusia. Bekatul memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan efek radikal bebas masuk kedalam tubuh manusia. Selain itu kandungan vitamin E ( tokotrienol serta tokoferol) pada bekatul mampu mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker. Kandungan tokotrienol memang sulit untuk ditemukan di dalam makanan lainnya dan hanya di bekatul bisa ditemukan kandungan tersebut dan itu sangatlah banyak.


antioksidan
Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh


Antioksidan yang terkandung dalam bekatul atau katul dapat berfungsi menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  dalam bekatul memang memiliki antioksidan yang sangat luar biasa sehingga jika dikonsumsi dengan baik dalam porsi yang tepat dan teratur mampu menjaga kekebalan tubuh. Hal tersebut membuat tubuh akan tidak cepat terserang penyakit. 

Mengatasi otot pegal


Kandungan vitamin B15 dapat berfungsi mencukupi oksigen pada otot dalam tubuh. pegal-pegal pada otot diakrenakan asam laktat yang tertimbun dalam otot jadi dengan mengkonsumsi asupan vitamin B15 ,a,pu menetralkan asam laktat tersebut. Jadi dengan mengkonsumsi bekatul maka kebutuhan vitamin B 15 akan tercukupi.


gangguan syaraf otot
Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Mengatasi gangguan syaraf


Kandungan vitamin B1 serta B12 yang ada pada bekatul sangat berguna dalam mencegah terjadinya nyeri pada syaraf. Jadi mengkonsumsi bekatul bisa menyehatkan syaraf dalam tubuh manusia.

Menjaga kesehatan jantung


Lagi-lagi kandungan vitamin B15 yan terdapat pada bekatul bermanfaat membentuk asam amino yang  mampu mencukupi kekurangan oksigen yang ada pada otot termasuk pada otot jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi bekatul atau katul mampu menbantu menjaga kesehatan jantung dnegan baik.

Menyehatkan hati


Kandungan vitamin B15 juga mampu mengatasi masalah pada organ hati dan mampu memperbaiki kinerja hati sehingga kesehatan organ hati akan terjaga dnegan baik. Ternyata ada salah satu negara yang selalu mengkonsumsi bekatul sebagai makanan harian yakni Rusia. 

Mengatasi asma


Mengkonsumsi bekatul dengan teratur dan dalam porsi yang baik setiap harinya baik bagi penderita penyakit asma. Sehingga membuat penyakit asma yang dideritanya tidak cepat kambuh tetapi ketika tidak mengkonsumsi asam bisa kambuh kembali. Hal tersebut karena di dalam bekatul terdapat kandungan vitamin B15 yang mampu membentuk  zat anti asma.

Baik bagi penderita autis


autism
Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Pagamic acid atau vitamin B15 yang ada pada bekatul  baik itu dari beras, gandung, jagung, ataupun, havermut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi asupan yang mengandung vitamin B15 pagamic acid dalam jumlah 50-100 mg dengan teratur setiap hari mampu membantu menyembuhkan penderita autis.

Banyak sekali bukan manfaat yang diberikan bekatul untuk kesehatan tubuh manusia namun kini masih belum yang mengetahuinya.  Selain bermanfaat banyak bekatul juga tidak memiliki kandungan yang bisa membahayakan tubuh seperti pemanis, pengawet ataupun pewarna jadi aman dikonsumsi dan ramah bagi tubuh. mengkonsumsi bekatul bisa dicampurkan dengan makanan lainnya seperti pada terigu, tepung beras yang akan diolah menjadi makanan seperti roti, kue tradisional, dll serta bekatul juga bisa dijadikan campuran untuk bubur hijau, sup, santan kelapa,  dan susu coklat. 

Jadi mengkonsumsi bekatul bisa dikombinasikan dengan makanan lainnya agar lebih nikmat. Untuk efek sampingnya memang ada pada awal ketika mengkonsumsi dapat mengakibatkan diare, susah BAB, dan bagi penderita maag disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi karena bisa mengakibatkan mual-mual.

Nah itulah lagi ulasan lengkap mengenai Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan yang snagat membantu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca. Untuk mendapatkan informasi terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google + serta jangan lupa baca artikel ini 


Back To Top